Minggu, 28 Juli 2013

Wisata Alam (Air Campuhan)

Sungai Campuhan
Air Campuhan merupakan salah satu wisata alam yang ada di Desa Selat, Kecamatan Susut-Bangli. Air campuhan istilah yang paling dikenal oleh masyarakat lokal ini, memiliki daya tarik lebih dibandingkan dengan obyek wisata yang terdapat di Desa Selat. Daya tarik yang ditawarkan dari adanya air campuhan ini adalah kealamiannya, serta keindahan dari tumpahan air yang berasal dari daerah puncak Kintamani. Air yang jernih dan keindahan alam yang menawan menjadikan kawasan ini sebagai daya tarik yang dimiliki oleh Desa Selat disamping juga menawarkan obyek wisata lainnya. Keindahan dan kemurnian alam yang ditonjolkan mencerminkan kentalnya kepercayaan masyarakat desa akan konsep tri hita karana. Pada kawasan ini telah disediakan berbagai fasilitas penunjang yaitu berupa jalur transportasi yang memadai dan tempat peristirahatan di sepanjang jalan menuju ke air campuhan. 
Jalan menuju Air Campuhan
Secara geografis keberadaan air campuhan cukup strategis, yaitu berdekatan dengan kota seni Gianyar dan wisata yang ada di Bangli yaitu Penglipuran. Jarak tempuh dari kabupaten/kota menuju air campuhan berkisar 10 km. Sehingga sangat mudah dijangkau oleh para pengunjung, ditambah jalur lalu lintas desa ini merupakan jalan utama menuju daerah wisata Bali selatan, memungkinkan wisatawan yang melewati jalur ini bisa singgah sementara waktu di obyek wisata yang ada di Desa Selat, Kecamtan Susut-Bangli.

Tempat beriatirahat
Di lokasi wisata alam Air Campuhan juga tersedia tempat sementara untuk beristirahat. Kita bisa melepas leleah setelah lama beraktifitas. Dengan lokasi yang sejuk dan asri, menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata yang harus dikunjungi untuk menyegarkan diri dan berekreasi.









Fasilitas Rafting
Rafting atau Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi.Jadi dengan demikian kita dapat definisikan bahwa olah raga Arung Jeram (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai berjeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi. Bagi mereka yang suka akan tantangan dan kegiatan luar ruangan, rafting atau arung jeram adalah salah satu kegiatan yang bisa dipilih. Dan, Desa Selat menyediakan sarana itu sebagai bentuk obyek pariwisata yang patut dikunjungi. Beberapa wisata alam yang ada di desa selat ini telah disulap hingga memiliki 2 fungsi yaitu sebagai penyangga alam dengan keasriannya dan untuk atraksi wisata berupa arung jeram. Di sela-sela perbukitan yang menjulang terdapat aliran sungai yang sangat mendukung untuk atraksi arung jeram. Sampai saat ini sudah banyak yang mulai berkunjung dan melakukan atraksi rafting di sungai yang terdapat di Desa Selat. Wisata ini telah dikelola oleh masyarakat local dan telah tersedia sejumlah perahu karet dengan beberapa perlengkapannya. Dengan aksebilitas yang mudah dijangkau memungkin para pengunjung bisa berlibur dan menghabiskan waktu mereka denagn beratraksi rafting diimbangi dengan tariff yang terjangkau. Sehingga atraksi arung jeram menjadi salah satu daya tarik untuk mengisi liburan akhir pekan.

Informasi tempat:
  1. Nama tempat : Air Campuhan
  2. Harga tiket masuk : -
Kontak agen pariwisata:
xxx

0 komentar:

Posting Komentar

Video obyek wisata di Desa Selat